Rabu, 20 Oktober 2010

MEMBUAT GARIS teori bresenham

TEORI BRESENHAM
Bresenham pada tahun 1965, melakukan perbaikan dari algoritma perhitungan koordinat piksel yang menggunakan persamaan (1), dengan cara menggantikan operasi bilangan riel perkalian dengan operasi penjumlahan, yang kemudian dikenal dengan Algoritma Bresenham. Pada algoritma bresenham, nilai y kedua dan seterusnya, dihitung dari nilai y sebelumnya, sehingga hanya titik y pertama yang perlu dilakukan operasi secara lengkap. Perbaikan algoritma ini ternyata tidak menghasilkan perbaikan yang cukup siginifikan. Perbaikan berikutnya dilakukan dengan cara menghilangkan operasi bilangan real
dengan operasi bilangan integer. Operasi bilangan integer jauh lebih cepat dibandingkan dengan operasi bilangan real, terutama pada penambahan dan pengurangan.

KOMPUTER GRAFIK DENGAN QUICK BASIC
Quick Basic adalah bahasa pemrograman high level yang cukup terstruktur, walaupun mengijinkan beberapa lompatan didalam struktur programnya. Untuk komputer grafik, Quick Basic menyediakan perintah-perintah yang cukup mudah dan sederhana, tentunya untuk menghasilkan output grafik yang sederhana. Quick Basic adalah compiler, sama seperti Turbo Pascal ataupun Borland C++, jadi jika memang diperlukan, Quick Basic mampu mengkompilasi program Basic menjadi program executable.
Mode Grafis di dalam Quick Basic
Di dalam Quick Basic, inisialisasi mode grafis, cukup dengan memberikan sebuah perintah SCREEN yang diikuti dengan bilangan integer. Berikut ini adalah mode SCREEN yang sering digunakan dalam pemrograman grafis
SCREEN 0 : mode teks, dipanggil untuk mengakhiri mode grafis
SCREEN 1 : mode grafis resolusi rendah 320×200 pixel, maksimum 4 warna
SCREEN 12 : mode grafis resolusi tinggi 640×480 pixel, maksimum 16 warna
SCREEN 13 : mode grafis resolusi rendah 300×200 pixel, maksimum 256 warna. Mode grafis ini yang sering digunakan dalam pemrograman animasi ataupun game pada era DOS
Perintah-perintah grafik Quick Basic
Perintah-perintah dasar di dalam komputer grafik pada dasarnya hampir sama antara bahasa pemrograman yang satu dengan lainnya.
Apa yang dimaksud dengan pixel? Pixel adalah satu titik yang ada di layar monitor, sedangkan resolusi adalah kumpulan pixel yang membentuk suatu gambar atau dapat juga dikatakan kumpulan total dari pixel-pixel.
Perintah PSET dan PRESET, berfungsi menghidupkan / mematikan pixel pada posisi koordinat tertentu.
Perintah LINE akan menggambar garis diawali dari posisi x1,y1 sampai dengan x2,y2. Berikut adalah Rumus Perintah LINE;
LINE (x1,y1) – (x2,y2), color
dimana color atau warna akan sangat bergantung pada mode grafik yang anda gunakan. Pada mode grafis tertentu, dikenal sistem palette dimana kita dapat mencampur warna dan menghasilkan variasi warna yang sangat banyak.
Perintah CIRCLE, dapat digunakan untuk menggambar lingkaran ataupun kurva sesuai dengan nilai yang kita masukkan.
Beberapa perintah dasar grafik yang lainnya akan dapat dengan mudah dipelajari di dalam Help Quick Basic.
Perintah-perintah grafik Quick Basic
Perintah-perintah dasar di dalam komputer grafik pada dasarnya hampir sama antara bahasa pemrograman yang satu dengan lainnya.
Apa yang dimaksud dengan pixel? Pixel adalah satu titik yang ada di layar monitor, sedangkan resolusi adalah kumpulan pixel yang membentuk suatu gambar atau dapat juga dikatakan kumpulan total dari pixel-pixel.
Perintah PSET dan PRESET, berfungsi menghidupkan / mematikan pixel pada posisi koordinat tertentu.
Perintah LINE akan menggambar garis diawali dari posisi x1,y1 sampai dengan x2,y2. Berikut adalah Rumus Perintah LINE;
LINE (x1,y1) – (x2,y2), color
dimana color atau warna akan sangat bergantung pada mode grafik yang anda gunakan. Pada mode grafis tertentu, dikenal sistem palette dimana kita dapat mencampur warna dan menghasilkan variasi warna yang sangat banyak.
Perintah CIRCLE, dapat digunakan untuk menggambar lingkaran ataupun kurva sesuai dengan nilai yang kita masukkan.
Beberapa perintah dasar grafik yang lainnya akan dapat dengan mudah dipelajari di dalam Help Quick Basic.
Ini adalah program garis yg kami buat untuk membuat garis :
SCREEN 12
CLS
LINE (1, 1)-(640, 480), 1, BF
LINE (30, 30)-(610, 450), 0, BF
x1 = 100 +35
x2 = 200 + 35
y1 = 100 + 55
y2 = 255
LINE (x1, y1)-(x2, y2)
IF INKEY$ = CHR$(13) THEN
SCREEN 0
END
END IF
Program diatas akan menggambar garis. Program akan berhenti jika kita menekan tombol keyboard ENTER sebagaimana diberikan dari perintah IF INKEY$=CHR$(13) adalah pengecekan terhadap penekanan tombol ENTER.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar